Setelah mengubah nama perusahaan dengan Hatsudoki Seizo Co, Ltd (baca selengkapnya) menjadi Daihatsu Motor Co, Ltd pada Desember 1951, Daihatsu memulai produksi yang lebih mefokuskan ke kendaraan bermotor, terutama kendaraan roda tiga.
dreiradpkw-bee1951 |
daihatsu midget 1 |
Mulai Agustus 1957, Perusahaan Daihatsu Motor memutuskan untuk beralih ke ekspor kendaraan roda tiga, yang sangat cepat diimplementasikan. Di pasar domestik Jepang Midget microcars (di Indonesia dikenal dengan BEMO) dengan kapasitas mesin 249 cc, memenangkan popularitas besar. Sebuah Midget dengan radius putar yang kecil dan kemampuan manuver tinggi membuatnya sangat populer. Pada tahun 1959, Midget mulai diekspor, dan "automobilchik" ini memperoleh popularitas di Amerika Serikat, Indonesia dan negara-negara lain.
Midget 1957 |
Oktober, 1960 Daihatsu Motor mengenalkan sebuah kendaraan pickup, dengan nama Daihatsu Hi-Jet dengan wheelbase 194 cm dan chassis terpisah. Dengan menggunakan mesin 356 cc, 2-silinder berpendingin udara. Luas bak pick-up kurang dari 1,1 meter persegi.
Daihatsu Pickup 1960 |
Pada Juni 1961, Daihatsu Motor membangun pabrik baru di Ikeda yang lebih besar. Pada bulan September, 1962 Daihatsu mengeluarkan New-Line Hi-jet pick-up dan wagon, dengan wheelbase diperpanjang 222 cm dan panjang kendaraan mencapai 334,5 cm. Kendaraan ini memiliki mesin 797 cc dengan pendingin udara (air-cooled) OHV . Nama ekspor New Line Hi-jet disebut Daihatsu L50.
Hijet NewLine 1962 |
Daihatsu bekerjasama dengan Toyota Motor Co, Ltd dan Toyota Motor Sales Co, Ltd pada November 1967. Perjanjian bisnis ditandatangani, perawatan dan penjualan kendaraan di bawah satu atap.(Di Indonesia Sekarang Astra Group)
perjanjian 1967 |
Pada tahun1970 Daihatsu membangun HV Fellow (Kendaraan Hybrid). Kata "hybrid" berarti kombinasi mesin pembakaran kendaraan tunggal internal dan motor listrik. Pada tahun yang sama, Daihatsu merevisi penampilan HV Fellow menjadi Max Fellow baru.
HV Eellow 1970 |
Selain kendaraan berbhan bakar bensin, Daihatsu juga mencitakan kendaraan bertenaga listrik yaitu Daihatsu EV (mobil listrik). Kendaraan ini secara luas digunakan dalam Pameran Dunia Jepang pada Maret 1970. Sebanyak 275 mobil EV-s melayani pengunjung. Mobil listrik yang sangat menarik untuk perjalanan berkeliling ruang pameran.
Daihatsu EV |
Daihatsu juga membangun kendaraan angkut barang yang lebih besar, yaitu Daihatsu Delta Oktober 1970 Penjualan truk dimulai seri Delta 1500 dan Delta 2000. Disajikan dalam gaya yang unik, tetapi dengan ketahanan bodi, dikombinasikan dengan mesin yang kuat, truk ini memenuhi persyaratan tertentu dari operator perusahaan.
Daihatsu Delta |
Daihatsu Motor Co, Ltd. merger dengan Asahi Industry Co, Ltd pada November 1970
April 1971 Daihatsu telah mengembangkan dan mulai menjual elektro mobil chika yaitu Daihatsu golf Masters. Departemen Perdagangan Internasional dan Industri Jepang mengumumkan nama-nama perusahaan yang harus terlibat dalam sebuah proyek untuk mengembangkan mobil listrik non-polusi. Daihatsu memimpin pengembangan kendaraan listrik penumpang, yang diharapkan menjadi mobil kota masa depan.
Maret 1972 Daihatsu Motor Co. Ltd mendirikan pabrik Di Tada untuk operasional.
Pabrik di Tada |
April 1973 Didirikan dan dioperasikan pabrik perakitan kendaraan di Kyoto.
Kyoto Plant |
Juni 1979 Daihatsu membuka kantor perwakilan di Eropa (Brussels, Belgia).
Daihatsu mulai mengoperasikan pabrik pertama di luar Jepang Oktober 1979 yaitu PT. Daihatsu Indonesia. Indonesia merupakan negara pertama di luar jepang yang mempunyai pabrik perakitan Daihatsu.
Daihatsu Motor mulai Desember 1979 menjadikan kota Kobe sebagai pusat basis ekspor mobil daihatsu ke seluruh penjuru dunia.
Pelabuhan Kobe |
Daihatsu Motor Co, Ltd.
Jenis: Perusahaan Publik
Didirikan: 1951
Alamat: 1-1, Daihatsu-cho, Ikeda-shi, Osaka 563, Jepang
Telepon: +81 727 518811 Faks: +81 727 536880
Penjualan: 793500000000000 ¥ (US $ 7,4 miliar) (1996)
Karyawan: 11.415
Bursa: Tokyo
SIC: Kendaraan Bermotor 3711 & Badan Mobil; 3713 Truk & Bus Badan; 3714 Suku Cadang Kendaraan Bermotor & Aksesoris; 3799 Peralatan Transportasi Nec
Pabrik Produksi:
Ikeda (Osaka ) - Pusat
Ryuo (Shiga )
Tada (Hyogo )
Oyamazaki (Kyoto)
Sunter II (Indonesia) - Astra Daihatsu
Cumana, Estado Sucre (Venezuela)
Ryuo (Shiga )
Tada (Hyogo )
Oyamazaki (Kyoto)
Sunter II (Indonesia) - Astra Daihatsu
Cumana, Estado Sucre (Venezuela)
0 komentar "Sekilas Daihatsu Motor Co, Ltd.", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar