Apapun kondisi mobil baik itu baru maupun lama, kondisi mobil tetap harus di cek sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik, wisata atau keperluan lain. Jangan sampai mobil menyiksa sepanjang perjalanan.
Berikut sedikit tip sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mobil sendiri agar nyaman, tenang, senang selama dalam perjalanan.
Pastikan mesin, rem, kopling, presneling dalam kondisi OK
Sebelum melakukan perjalanan jauh bawalah kendaraan Anda ke bengkel langganan Anda untuk melakukan pengecekan agar kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima disaat perjalanan.
Sebelum melakukan perjalanan jauh bawalah kendaraan Anda ke bengkel langganan Anda untuk melakukan pengecekan agar kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima disaat perjalanan.
Periksa Radiator
Lihat air radiator, baik di radiator maupun di tangki reservoir. Air pada tangki reservoir posisi di antara garis MAX dan MIN. bila kurang, tambahkan air.
Lihat air radiator, baik di radiator maupun di tangki reservoir. Air pada tangki reservoir posisi di antara garis MAX dan MIN. bila kurang, tambahkan air.
Awas : Tutup kembali tabung radiator rapat-rapat
Periksa oli mesin
Caranya cukup dengan menggunakan tongkat pengukur oli (dipstick). Tarik dipstick, lap dengan kain bersih, lalu masukkan kembali ke tempatnya. Kemudian tarik kembali untuk memeriksa level oli. Bila berkurang, tambahkan oli mesin sesuai dengan spesifikasinya.
Perhatian : Lakukan paling cepat 5 menit setelah mesin dimatikan.
Periksa minyak rem
Minyak rem harus mencapai batas MAX. Bila kurang, periksalah apakah ada kebocoran. Setelah yakin tidak terdapat kebocoran, tambahkan minyak rem hingga batas MAX, gunakanlah minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.
Perhatian : Jangan menjalankan kendaraan apabila minyak rem habis.
Periksa Air Accu
Periksa air accu pada seluruh keenam sel-nya. Permukaan fluida (air elektrolit) harus berada sedikit di bawah batas permukaan tertinggi.
Perhatian : Jangan membiarkan ketinggian air accu di bawah batas MIN.
Periksa fanbelt (Tali Kipas)
Fanbelt yang sudah lama atau kendor, setelannya sering mengeluarkan bunyi mencicit. Gantilah fanbelt bila sudah memasuki masa penggantian yang dianjurkan. Putusnya fanbelt di tengah perjalanan dapat membuat kendaraan mogok dan menghambat perjalanan anda.
Perhatian : Jangan menjalankan kendaraan untuk jarak jauh apabila fanbelt rusak.
Periksa oli mesin
Caranya cukup dengan menggunakan tongkat pengukur oli (dipstick). Tarik dipstick, lap dengan kain bersih, lalu masukkan kembali ke tempatnya. Kemudian tarik kembali untuk memeriksa level oli. Bila berkurang, tambahkan oli mesin sesuai dengan spesifikasinya.
Perhatian : Lakukan paling cepat 5 menit setelah mesin dimatikan.
Periksa minyak rem
Minyak rem harus mencapai batas MAX. Bila kurang, periksalah apakah ada kebocoran. Setelah yakin tidak terdapat kebocoran, tambahkan minyak rem hingga batas MAX, gunakanlah minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.
Perhatian : Jangan menjalankan kendaraan apabila minyak rem habis.
Periksa Air Accu
Periksa air accu pada seluruh keenam sel-nya. Permukaan fluida (air elektrolit) harus berada sedikit di bawah batas permukaan tertinggi.
Perhatian : Jangan membiarkan ketinggian air accu di bawah batas MIN.
Periksa fanbelt (Tali Kipas)
Fanbelt yang sudah lama atau kendor, setelannya sering mengeluarkan bunyi mencicit. Gantilah fanbelt bila sudah memasuki masa penggantian yang dianjurkan. Putusnya fanbelt di tengah perjalanan dapat membuat kendaraan mogok dan menghambat perjalanan anda.
Perhatian : Jangan menjalankan kendaraan untuk jarak jauh apabila fanbelt rusak.
Periksa Air pembersih kaca (Wiper)
Usahakan air pembersih kaca bisa berfungsi, dan air pembersih kaca (wiper) di dalam tangki pembersih (washer tank) selalu penuh. Pastikkan agar semprotan air pencuci kaca (washer) mengarah kebagian yang benar dari kaca depan.
Perhatian : Jangan menjalankan wiper dalam kondisi kaca kering
Periksa Tekanan Angin Ban
Lakukan minimal satu kali seminggu. Apabila tekanannya kurang dari spesifikasi, tambahkan angin. Kurangi apabila lebih dari spesifikasi.
Perhatian : Jangan menjalankan kendaraan bila ban telah gundul atau kempes.
Periksa lampu-lampu
Periksa apakah semua lampu maupun indicator lampu (di dashboard) berfungsi dengan baik.
Perhatian : Jangan menjalankan kendaraan pada malam hari bila ada lampu yang mati.
Membawa Peralatan kendaraan
Periksa peralatan (Toolset) pada kendaraan Anda seperti : Dongkrak, Kunci roda, senter dsb. Pastikan peralatan sudah tersedia didalam kendaraan, karena akan sangat berguna pada kondisi darurat.
Perhatian : Jangan menjalankan wiper dalam kondisi kaca kering
Periksa Tekanan Angin Ban
Lakukan minimal satu kali seminggu. Apabila tekanannya kurang dari spesifikasi, tambahkan angin. Kurangi apabila lebih dari spesifikasi.
Perhatian : Jangan menjalankan kendaraan bila ban telah gundul atau kempes.
Periksa lampu-lampu
Periksa apakah semua lampu maupun indicator lampu (di dashboard) berfungsi dengan baik.
Perhatian : Jangan menjalankan kendaraan pada malam hari bila ada lampu yang mati.
Membawa Peralatan kendaraan
Periksa peralatan (Toolset) pada kendaraan Anda seperti : Dongkrak, Kunci roda, senter dsb. Pastikan peralatan sudah tersedia didalam kendaraan, karena akan sangat berguna pada kondisi darurat.
Semoga Perjalanan Selamat Sampai Tujuan
saya punya espass 2003 ZSX 1500 cc, mau tanya kok kadang sering overhead ya melebihi setengah dari paneh, malah hampir mentok merah, itu terjadi di siang hari ac nyala. saya lihat air radiator berkurang padahal radiator sdh dikorok & kebocoran sdh dipatri. dulu pernah dibetulkan radiatornya ada kebocoran pada tmpt selang ke mesin yg bagian bawah. denger2 sih kalau espas memang begitu krn radiator hanya 1 sab saja shg pendinginan air krg maksimal. ada yg menyarankan sih dibandrek dg radiator yg sdh 2 sab, apakah itu betul?
BalasHapuscoba periksa kipas kondenserx mas. saya juga sering punya masalah bgtu. klo ac nyala, cepat sekali panasx. klo kipas kondenser ga nyala pas ac dihidupkan, cek mur yang ada di bawah jok supir, itu kadang2 bisa hilang sehingga kipas kondenser ga nyala.
BalasHapuskok zebra saya sering berkabut kaca depan jk hr hujan lebat?? ada solusi?
BalasHapusmudah gan, kasih aja kaca tersebut dengan sampho rambut, trus di lap pake kain lap, di jamin deh kaca mobil bersih + tanpa kabut di musin hujan, atau bisa juga beli cairan anti kabu juga ada, tapi kalo saya lebih suka pake sampho (irit..he..he..) dan wang
BalasHapusMaaf gan.shampo nya langsung di letakkan di kaca bagian dalam atau luar..dan di campur air lagi apa tidak?...thnx
BalasHapus